Edukasi

Simak Yuk, Berbagai Fakta Unik Kapal Selam

Bacasaja.net – Ada berbagai macam alat transportasi yang digunakan sesuai fungsi dan kebutuhannya. Misalnya bus, mobil, motor, atau sepeda yang merupakan alat transportasi darat.

Atau pesawat terbang, helikopter, hingga balon udara, yaitu alat trasnportasi udara. Sedangkan transportas air berupa sampan, kapal feri, kapal pesiar, sampai kapal selam.

Biasanya, kapal selam ini digunakan untuk keperluan khusus, misalnya oleh angkatan laut. Keunikan kapal selam adalah pada kemampuannya untuk menyelam sampai ke dalam air dan tidak ada air yang masuk ke bagian dalam kapal.

Namun keunikan kapal selam bukan hanya itu saja, teman-teman. Ada berbagai fakta unik lain mengenai kapal selam. Yuk, simak fakta mengenai kapal selam berikut ini!

1. Kapal Selam Pertama Dibuat Tahun 1620

Sejarah kapal selam ternyata sudah bermula sejak lama, nih, teman-teman, yaitu sejak tahun 1620. Kapal selam pertama kali dibuat tahun 1620 di Inggris oleh Cornelius Drebbel.

Kemudian, sepanjang tahun 1700-an, kapal selam mulai mengalami berbagai perkembangan. Hingga akhirnya di tahun 1775, kapal selam militer pertama dibuat oleh David Bushnell dari Amerika Serikat.

Saat itu, kapal selam yang diberi nama Turtle ini hanya dapat memuat satu orang penumpang saja.

2. Kapal Selam Dilengkapi Tangki Pemberat

Perbedaan antara kapal selam dengan kapal lainnya adalah kapal selam bisa masuk ke dalam air.

Namun kapal selam juga bisa mengapung di permukaan air, teman-teman. Lalu bagaimana kapal selam bisa menyelam ke dalam air, ya? Ternyata hal ini disebabkan karena kapal selam dilengkapi dengan sebuah tangki air yang disebut sebagai tangki pemberat.

Saat kapal selam akan masuk ke dalam air, tangki pemberat ini akan diisi dengan air. Sedangkan ketika kapal selam akan naik kembali ke permukaan air, maka tangki pemberat ini akan dikosongkan.

3. Di dalam Kapal Selam Terdapat Periskop

Kapal selam juga dilengkapi dengan alat bernama periskop, yang ada di dalam kapal selam.

Periskop adalah alat seperti teropong tinggi yang dilengkapi dengan kaca dan prisma.

Periskop ini diatur sedemikian rupa agar orang yang berada di dalam kapal selam bisa melihat keadaan di luar kapal selam.

4. Kapal Selam Digunakan Sebagai Senjata

Saat Perang Dunia I dan Perang Dunia II, kapal selam digunakan sebagai senjata yang ampuh.

Ketika itu, kapal selam yang berguna sebagai kapal perang ini dilengkapi dengan torpedo.

Torpedo adalah senjata yang berbentuk seperti tabung yang bisa dapat menembak di dalam air.

5. Awak Kapal Selam Tetap Mendapatkan Air Bersih

Ketika berada di dalam kapal selam, awak kapal selam tetap bisa mendapatkan air bersih, lo.

Air bersih ini bahkan didapatkan dari air  laut yang asin. Caranya adalah menyuling air laut hingga menjadi air bersih menggunakan alat khusus. Air bersih ini kemudian digunakan untuk mandi, minum, dan memasak.

Komentar

Click to comment
To Top