Featured

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berpuasa

Bacasaja.net – Ngantuk merupakan hambatan utama ketika sesorang sedang menjalani ibadah puasa, sebenarnya ini merupakan hal yang wajar ya teman – teman!

Sebab, ada perubahan jam tidur saat puasa, karena kita harus bangun saat sahur. Artinya, kita jadi harus bangun lebih pagi, dibanding hari biasanya.

Hal inilah yang membuat jam sirkadian atau jam biologis di tubuh kita kebingungan. Karena jam biologis ini terbiasa mengatur waktu tidur, bangun, makan, dan aktivitas tubuh lainnya.

Karenanya, kalau ada salah satu “jadwal” di tubuh yang berubah, tubuh kita juga akan mengikuti kebiasaan yang baru.

Meski begitu, kita tetap bisa mengatasinya, kok! Yuk, ikuti tips ini agar kita tidak mudah mengantuk saat puasa!

Membuat Rutinitas Sebelum Tidur

Menurut pakar kesehatan Tidur Heidu Connolly, sebaiknya kita mematuhi waktu tidur yang sama, teman-teman.

Kemudian kita juga sebaiknya memiliki rutinitas sebelum tidur. Misalnya menyikat gigi dan mencuci kaki, atau mendengarkan musik yang membuat santai.

Jika kita melakukannya setiap akan tidur, tubuh akan tahu dan mempersiapkan diri untuk tidur.

Mengatur Lampu

Biasakan agar tubuh mengenali cahaya di pagi hari. Misalnya dengan membuka jendela kamar agar cahaya masuk atau melihat cahaya matahari di luar rumah.

Ini akan membuat tubuh kita tahu kalau sudah saatnya tubuh bangun dan kembali aktif. Menurut ahli, ini bisa membantu memperbaiki waktu tidur yang berantakan. Sebaliknya, cahaya yang redup bisa membantu tubuh mengenali sinyal untuk tidur, teman-teman.

Saat tidur sebaiknya kita mengkondisikan ruangan dalam keadaan gelap atau hanya menyalakan lampu tidur.

Selain lampu, benda yang bercahaya seperti ponsel, televisi dan alat elektronik lainnya akan membuat otak kita terus bangun.

Olahraga

Meski sedang puasa, jangan lupa olahraga, teman-teman. Orang yang berolahraga secara rutin sekitar 150 menit dalam satu minggu, bisa tidur lebih nyenyak, lo.

Namun sebaiknya tidak melakukan olahraga berat sebelum jam tidur. Lebih baik kita melakukan peregangan ringan saja, teman-teman.

Waktu Tidur Siang

Tidur siang saat puasa memang bisa membantu mengembalikan energi, tapi lebih baik kalau tidak terlalu lama tidur siang, ya.

Sebaiknya kita tidur siang selama 20 menit saja, teman-teman. Karena tidur siang yang terlalu lama justru bisa membuat kita sulit tidur di malam hari. Itulah hal yang bisa kamu lakukan untuk kembali mengatur jam tidur saat puasa.

Baca Juga: Simak Yuk, Berbagai Fakta Unik Kapal Selam

Komentar

Click to comment
To Top