Seputar jawa timur

Lancar dan Aman, Kapolres Jember Pantau Jalannya Eksekusi Toko Busana Syafia

????????????????????????????????????

Tribratanewsjatim.com: Setelah melalui tahapan proses hukum yang panjang sampai di tingkat kasasi, Toko Busana Muslim Syafia (Syafia Plaza) yang berada di jantung kota Jl. Sultan Agung Nomor 21-22, Jember, Jawa Timur, akhirnya dieksekusi, (22//2/2016) pukul 09.00 WIB.

Panitera dan juru sita Pengadilan Negeri Jember melakukan eksekusi berdasarkan surat penetapan Ketua Pengadilan Negeri Jember Nomor : 117/pdt.G/2012/PN.Jr Jo No. 33/Pdt.Ex/2015/PN.Jr tanggal 7 Desember 2015.

Sebelumnya pihak pemohon Lilu (65) wiraswasta (pemilik toko kain Centrum), alamat Sultan Agung No. 25-27, Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates, Jember dinyatakan menang pasca diterbitkannya Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia melawan Termohon Eksekusi Sdr. Shiraz Husain, 45, alamat Jl. Imam Bonjol No. 22 Rt. 04 Rw. 04 Kelurahan/Kecamatan Kaliwates, Jember.

Di mana proses eksekusi dijaga ketat lebih kurang 250 personil Pamka (pengamanan terbuka) dan Pamtup (pengamanan tertutup) dari Polres Jember dibantu TNI (koramil 0824 Jember) dengan perwira pengendali Kabagren Kompol Drs. Subagio selaku perwira senior mewakili Kabagops yang berhalangan karena mewakili Kapolres Jember mengikuti rapat di Mapolda Jatim. Kabagren dalam kesempatan ini dibantu oleh Kapolsek Kaliwates Kompol Susiyanto, SH dan Kasatsabhara AKP Akhmad Musofah, SH.

????????????????????????????????????

Proses eksekusi berjalan cukup lancar, tetapi sedikit diwarnai aksi unjuk rasa yang dilakukan sekitar 100 orang dari Sarbumusi (Serikat Buruh Muslimin Indonesia) Cabang Jember dibawah komando Ketua Sarbumusi Cabang Jember Umar Farouk.

Aksi unjuk rasa ini mendapat pengawalan ketat dari 1 SSK Satsabhara yang telah bersiaga sejak pagi. Namun demikian dibatasi hanya boleh berunjuk rasa di radius kira-kira 50 meter dari lokasi Toko Syafia yang dieksekusi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi serta menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara proses eksekusi ini mendapat atensi lebih dari Kapolres Jember AKBP M Sabilul Alif, yang terjun langsung memantau perkembangan situasi di lapangan.

Kapolres juga sempat beriteraksi dengan beberapa warga dan tokoh masyarakat setempat sambil menanyakan kerawanan situasi,termasuk berkomunikasi dengan beberapa awak media yang melakukan peliputan.

????????????????????????????????????

Kapolres menjelaskan, bahwa pelaksanaan eksekusi adalah tanggung jawab Pengadilan Negeri Jember. Kehadiran ratusan personil Polres Jember dibantu TNI hanya bersifat membantu mengamankan agar pelaksanaan eksekusi dapat berjalan lancar. Karena kehadiran aparat kepolisian dibantu personil TNI bertugas.

Pertama, mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang akan timbul, kedua, mencegah kemungkinan adanya aksi pengeruskan yang dilakukan oleh eks karyawan yang kecewa, Ketiga, mengantisipasi adanya upaya dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang berusaha menghalangi proses eksekusi. Keempat melakukan koordinasi pihak PN Jember agar proses eksekusi dapat berjalan aman lancar. (jbr/mbah)

 

Komentar

To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/