indeks artikel

Muswil LDII Jatim Dimeriahkan Trade Fair UMKM

Muswil LDII Jatim Dimeriahkan Trade Fair UMKMSURABAYA (halopolisi.com) – Sedikitnya 91 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di beberapa daerah di Jawa Timur mengikuti bazar UMKM yang digelar Lembaga Dakwah Indonesia (LDII) Jawa Timur.

Trade Fair yang digelar selama 3 hari ini sekaligus menguatkan seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membeli produk Indonesia, menyusul pelemahan rupiah.

“Yang utama bagaimana kita menyikapi masalah ekonomi ini. Di Jawa Timur, 54 sekian persen pendapatan daerah itu didongkrak sektor UMKM, sehingga sebagai soko guru ekonomi, para pelaku UMKM ini yang harus kita bantu, karena dia tidak terpengaruh krisis, dolar naik, mereka tidak terpengaruh,” kata Ketua Umum DPP LDII, Prof. KH Abdullah Syam, di sela Musyawarah Wilayah VIII LDII Provinsi Jawa Timur, Sabtu (29/8/2015).

Menurut KH Abdullah Syam, sektor UMKM ini sebenarnya harus diberdayakan. Langkah konkrit Pemerintah akan hal itu dibutuhkan, sehingga produk-produk lokal dapat bersaing.

“Saya itu kemarin berkunjung ke Vietnam. Dari sekian penbicaraan, Dubes bilang bagaimana sektor UMKM di Vietnam hingga lakukan ekspor. Ternyata setelah melakukan pengkajian, kepedulian Pemerintah dibutuhkan,” urai KH Abdullah.

Langkah pemberdayaan sektor usaha kecil menengah yang dilakukan LDII ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Menurut Gus Ipul, LDII tidak hanya menyiapkan SDM terampil tapi juga menciptakan peluang.

“Ini sekaligus bentuk kepedulian, kesiapan menghadapi MEA, dengan menyiapkan SDM dan memberikan panggung untuk UMKM. SDM yang dipersiapkan itu ada dua yakni ahlaq, ilmu, dan keterampilan, kalau ini bisa berjalan semua insyaallah kita bisa ngalap berkah bonus demografi,” terang Gus Ipul.

Tantangan ke depan bagi organisasi Islam seperti LDII diakui Gus Ipul sangat berat. Langkah LDII dengan mencetak SDM berkualitas menjadi taruhan ke depan. Dengan konsep yang diusung, Gus Ipul optimis LDII dapat berkontribusi tidak hanya pada Negara namun juga masyarakat.

“Tantangannya yakni SDM yang ada dapat menggunakan akalnya dengan baik dan ingat sama sang pencipta,” pungkasnya.(wis/ziz)

FOTO: Wagub Jatim, Saifullah Yusuf saat membuka Musyawarah Wilayah VIII LDII Provinsi Jawa Timur.(wis)

Komentar

Click to comment
To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/