Berita Polisi

Pelajar SMKN Banyuwangi Praktek Tertib Berlalulintas

20 pelajar banyuwangiTribratanewsJatim.com: Para pelajar SMKN Kalibaru mendapat pelajaran mengenai praktek tertib berlalulintas, Rabu (20/1/2016), dewan guru bekerja sama dengan Unit Lantas Polsek Kalibaru beserta petugas trantib Kecamatan setempat menggelar razia kendaraan di parkiran sekolah.

Sasarannya adalah sepeda motor yang menyimpang dari standar pabrikkan. Misalnya, spion tidak komplit atau variasi, motor protolan, serta tidak memasang plat nomer. Setidaknya ada 21 kendaraan roda dua yang terjaring aparat melanggar aturan tentang lalulintas.

Para pemilik kendaraan itu kemudian dipanggil ke ruang guru untuk diberi pembinaan. Selain diarahkan untuk melengkapi dan mengganti suku cadang yang tidak sesuai standar pabrik, para pelajar SMK ini juga diwajibkan menulis surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Kapolsek Kalibaru AKP Bambang Suprapto mengatakan, razia kendaraan di lingkungan SMKN Kalibaru ini atas permintaan pihak sekolah kepada aparat. Penertiban itu sesuai surat permohonan yang dilayangkan pihak sekolah.

“Aparat diminta membantu pihak sekolah memberi pelajaran tertib berlalulintas dengan cara menggelar razia kendaraan para siswa. Bagi yang kendaraannya melanggar dibina agar tidak mengulangi perbuatannya lagi,” jelasnya.

Cara ini, kata AKP Bambang, lebih efektif. Sebab, para siswa yang terjaring bisa mengetahui kesalahannya dibawah pantauan langsung dewan guru. Selanjutnya, hasil razia bisa diteruskan kepada pihak orang tua agar bekerja sama dengan sekolah dan aparat melakukan pembinaan tertib lalulintas pada anaknya.

“Operasi lalin yang digelar di jalan raya berlaku hukum tilang. Untuk yang di lingkungan SMKN ini tidak. Kami hanya mencari kendaraan yang kurang pas, lalu siswanya dipanggil agar melengkapi. Para orang tua juga diberitahu agar sama-sama saling mengingatkan,” terangnya.

Pendidikan tertib lalulintas memang patut diajarkan sejak dini sehingga kalangan pelajar yang masih ABG bisa mengikuti aturan yang berlaku. Harapannya tingkat pelanggaran lalulintas di jalan raya semakin minim dan keselamatan pengguna maupun pengendara lain kian terjaga. (bwi/mbah heru)

Komentar

To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/