Featured

Kemah Sehat Kwarda Pramuka Jawa Timur Di Saat Pandemi

Bacasaja.net – Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur merupakan Struktur Organisasi Pramuka di bawah Kwartir Nasional. Kwartir Daerah mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan Gerakan Pramuka dan kegiatan kepramukaan di Provinsi.

Nah, dalam waktu dekat ini Kwartir Daerah akan mengadakan kegiatan Kemah Sehat di saat Pandemi Covid-19 atau Persemi. Kegiatan tersebut telah diklaim pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

“Ini acara kemah di masa pandemi Covid-19,” ujar Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jatim Arum Sabil, Selasa (23/3).

Acara Kemah Sehat selama pandemi Covid-19 rencananya digelar di Jember pada 27-28 Maret 2021.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) sekaligus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turut hadir untuk membuka acara Kemah Sehat selama pandemi Covid-19. Arumi mengatakan total peserta sekitar 250 orang, termasuk pelatih serta pengurus Kwarcab di setiap Daerah Jawa Timur.

Dia menjelaskan area kemah cukup lapang karena luasnya mencapai 54 hektare dan tertutup pagar sehingga aman dari kerumunan warga, didukung fasilitas memadai seperti listrik serta keamanan lingkungan.

“Selama pandemi anak-anak lebih banyak melakukan segala kegiatan di dalam rumah. Padahal, kegiatan di luar rumah sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak,” kata dia.

Melalui gagasan tersebut, anak-anak diharapkan bisa kembali melakukan aktivitas di luar ruangan dengan tetap merasa aman. Acara Kemah Sehat selama pandemi Covid-19 nantinya dijadikan contoh kegiatan lainnya terkait penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Ada tutorial di acara Kemah Sehat, seperti tenda dibangun, tutorial bertemu, bagaimana cara berinteraksi, dan bagaimana caranya kalau mau makan, termasuk MCK dan seterusnya,” katanya.

Pihaknya berharap acara Kemah Sehat yang digagas Kwarda Jatim berjalan sukses sehingga mampu diadaptasi secara nasional.

” Pramuka mencoba untuk bagaimana cara pendidikan dijalankan. Tidak harus di dalam ruangan, tapi saling berinteraksi secara langsung, tidak mungkin terus-terusan secara virtual,” kata Arum Sabil.

Komentar

Click to comment
To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/