Featured

Hukum Berhubungan Intim Di Antara Waktu Sahur Dan Adzan Subuh

Bacasaja.net – Bolehkah berhubungan intim di saat bulan ramadhan? Lalu apa hukumnya? tentunya boleh saja meskipun malam di saat bulan ramadhan jadi lebih pendek karena harus melaksanakan ibadah sholah tarawih.

Maka tak heran kalau beberapa pasangan memilih bercinta pada dini hari atau di sekitar waktu sahur. Sayangnya, seks sekitar waktu sahur juga kerap menimbulkan dilema. Misalnya, soal mandi wajib setelahnya.

Bagaimana bila belum melakukan mandi wajib saat waktu imsak sudah tiba? Atau kalau baru melakukan mandi wajib setelah azan subuh berkumandang, sah kah puasanya?

Hukum Berhubungan Seks dan Mandi Wajib di Waktu Sahur

Perlu dipahami,mandi wajib atau mandi junub adalah proses membersihkan diri dari hadas besar. Sifatnya wajib bagi seorang muslim ketika ingin beribadah seperti salat.

Namun, menurut Direktur Rumah Quran dan Bahasa Al-Mujtaba, Dr. Mauidlotun Nisa, Lc., S.Pd.I., M.Hum, jika Anda atau suami belum mandi junub sebelum azan subuh, maka hukumnya boleh dan sah-sah saja untuk melanjutkan puasa.

“Sebaiknya mandi dulu, tapi jika darurat dalam keadaan sempitnya waktu tidak apa-apa mandi setelah subuh. Apalagi waktu subuh adalah waktu di mana orang masih ngantuk dan belum sadar betul,” ujar Ustazah Nisa–sapaan akrabnya, pada kumparanMOM.

Hal tersebut juga tersirat dalam Hadist H.R Muslim:

Aisyah dan Ummu Salamah, dua istri Nabi Muhammad saw., keduanya mengatakan “Rasulullah pernah berhadas besar (junub) pada waktu subuh di bulan Ramadhan karena malamnya bersetubuh, bukan karena mimpi, lalu beliau berpuasa tanpa mandi sebelum fajar”. (H.R Muslim).

Ustazah Nisa menjelaskan bahwa dari hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa puasa akan tetap sah, meski belum mandi junub usai berhubungan seks. Asalkan hubungan seks tidak dilakukan saat tengah berpuasa, ya!

Usahakan Mandi Wajib Sebelum Azan Subuh

Setelah berhubungan seks di waktu sahur, usahakan segera mandi wajib sebelum azan subuh Foto: Shutterstock

© Disediakan oleh Bacasaja Net .Setelah berhubungan seks di waktu sahur, usahakan segera mandi wajib sebelum azan subuh Foto: Shutterstock

Meski begitu, Ustazah Nisa berpesan, bila memungkinkan tetap lah usahakan segera mandi wajib sebelum azan subuh. Dengan begitu, Anda dan suami tetap bisa menunaikan salat subuh tepat waktu. Namun, jika kondisi tidak memungkinkan, puasa Anda tetap sah apabila Anda dan suami baru mandi wajib setelah azan subuh.

“Jika itu terjadi, yaitu mandi junub (karena bersetubuh) setelah imsak dan subuh karena bersetubuh, maka tetap bisa dilanjutkan puasanya dan tetap sah. Meski demikian, jika kita tidak dalam keadaan sempit waktu, maka sebaiknya mandi junub dulu sebelum imsak dan subuh,” pungkas Ustazah Nisa.

 

Komentar

Click to comment
To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/