Headline News

Masyarakat Pasuruan Serahkan Bondet dan Senpi Rakitan

21 senpi rakitanTribratanewsJatim.com: Penyerehan senjata api (senpi) rakitan jenis pistol sebanyak 5 pucuk dan 13 bahan peledak jenis bondet dengan rincian 11 bondet kecil dan 2 bondet besar oleh masyarakat wilayah Kecamatan Lumbang, khususnya Desa Watulumbung yang dihadiri oleh Muspika, Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan.
Sebelum dilakukan kegiatan penyerahan yang dilakukan oleh masyarakat Lumbang, pada Jumat (15/1 2016) [ukul 15.00 WIB telah terjadi penangkapan yang dilakukan oleh anggota Buser Polsek Lumbang terhadap pelaku bernama Pasal (44) warga Dusun Jatisari, Desa Karangjati, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan karena telah memiliki dan menyimpan senpi rakitan diantaranya sepucuk senjata api rakitan laras panjang, sepucuk senpi rakitan laras panjang yang rusak, senpi rakitan laras pendek/pistol, dan 4 amunisi laras pendek serta satu butir amunisi laras panjang tanpa dilengkapi dengan surat-surat syah yang disimpan di dalam kamar rumahnya dan pelaku tersebut dilimpahkan ke Polres Pasuruan guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.
Kapolres Pasuruan AKBP Soelistijono langsung memberikan perintah kepada Kapolsek Lumbang AKP P.Budi Utomo untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat wilayah Kecamatan Lumbang. Tujuannya agar yang merasa mempunyai dan menyimpan senpi rakitan segera menyerahkan kepada pihak yang berwajib.
Sementara masyarakat atau orang yang menyerahkan tidak akan dikenakan sanksi pidana, dan apabila masyarakat tersebut tidak menyerahkan dan ditangkap terlebih dahulu oleh polisi, maka akan dilakukan penahanan karena telah melanggar Pasal 1 ayat 1 UU Darurat No. 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.
Atas perintah Kapolres Pasuruan itulah, maka Kapolsek Lumbang melakukan kegiatan musyawarah bersama perangkat Desa Watulumbung di rumah Sekertaris Desa, Masniarto pada Senin (18/1/ 2016) jam 10.00 WIB yang dihadiri oleh Kasat Intelkan AKP Syafiudin bersama anggotanya dan dihadiri juga seluruh perangkat Desa Watulumbung.
Hasil musyawarah tersebut, membuat seluruh perangkat Desa menghimbau kepada warganya yang merasa mempunyai senpi 21 senpi rakitan pasuruanrakitan dan bahan peledak (bondet) agar diserahkan ke kantor Desa / Balai Desa, apabila warga masyarakat yang merasa memiliki dan takut untuk menyerahkan di Balai Desa, maka perangkat Desa menghimbau agar masyarakat menyerahkan atau meletakkan senpi rakitan atau bondet di tempat yang telah ditentukan oleh Kepala Desa, yaitu di tengah tegalan dibawah pohon randu dan untuk jam meletakkan tersebut tidak ditentukan.
Selanjutnya perangkat Desa mendapatkan laporan dari warga, bahwa pada Kamis (21/1/ 2016) sekitar jam 05.00 WIB di tempat yang telah ditentukan untuk penempatan penyerahan senpi rakitan dan Bondet telah terkumpul. Atas laporan masyarakat tersebut selanjutnya Perangkat Desa menghubungi Kepala Desa dan Kapolsek Lumbang serta anggota Sat Intelkam Polres Pasuruan untuk bersama-sama mendatangi dan mengamankan senpi-senpi rakitan dan bondet yang sudah berada di tengah tegalan bawah Pohon Randu.
Setelah seluruh Perangkat Desa Watulumbung dan petugas dari Polsek Lumbang serta anggota Sat Intelkam Polres Pasuruan
Begitu tiba di TKP diketahui, bahwa senpi rakitan dan bondet diserahkan oleh masyarakat yang tidak diketahui identitasnya. Jumlahnya 5 senpi rakitan laras pendek jenis pistol, 2 bondet ukuran besar dan 11 bondet ukuran kecil, selanjutnya senpi rakitan dan bondet tersebut dibawa petugas untuk diamankan di Mapolsek Lumbang. kemudian dibawa ke Mapolres Pasuruan untuk dimusnahkan.
Dengan adanya penyerahan senpi rakitan dan bahan peledak jenis bondet yang dilakukan oleh masyarakat Desa Watulumbung diharapkan masyarakat Lumbang, khususnya Desa Watulumbung merasa aman dan sudah tidak merasa resah ataupun ketakutan akibat penyalahgunaan senpi rakitan atau handak yang dimiliki oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, demikian kata Kasubbag Humas Polres Pasuruan AKP MD Yusuf. (psr/mbah heru)

Komentar

To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/