Ekonomi Dan Bisnis

Gula Rafinasi Jadi Keluhan Pelaku Industri Mamin di Jatim

Bacasaja.net – Meningkatnya harga kebutuhan pokok masih menjadi faktor utama yang dialami masyarakat di Jawa Timur. Bukan hanya itu, para pelaku industri juga mengeluhkan hal yang sama. Salah satu bahan pokok yang langka yaitu gula rafinasi. Banyaknya perusahaan yang bangkrut karena dampak tersebut.

Ketua Asosiasi Pesantren Entrepreneur Jawa Timur Dr KH Muhammad Zakki, mengatakan permasalahannya terletak pada Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) nomor 3 tahun 2021. Menurutnya, Permenperin ini harus dikaji ulang.

“Kalau perlu dicabut, karena hingga saat ini Jatim tidak mendapatkan kuota gula rafinasi, padahal tahun-tahun sebelumnya tidak pernah. Kalau usulan terkait adanya koperasi, ini tidak tepat dan dipastikan regulasinya berbelit-belit,” ujarnya dalam webinar dengan Ekonom Senior Faisal Basri, Pelaku Industri Minuman dalam Kemasan di Jawa Timur Sutiono Adnan, dan Wakil Ketua Dewan Kopi Jawa Timur Arif Budiyanto.

Baca Juga: Pemerintah Menunda Impor Beras Saat Musim Panen

Pengasuh Ponpes Mukmin Mandiri Sidoarjo ini menambahkan jika para pelaku usaha di Jatim menggunakan sistem koperasi seperti yang disarankan oleh pemerintah,  justru malah menambah beban. Jika menggunakan sistem jalur koperasi harus mengikuti regulasi dan ini tidaklah mudah karena prosesnya akan panjang, “Sedangkan kedepan sudah semakin dekat dengan bulan Ramadhan,” tuturnya.

“Jatim merupakan basis industri terbesar kedua setelah Jawa Barat. Jadi semestinya pemerintah menjaga dan mendorong pertumbuhan industri di Jawa Timur. Pemerintah seharusnya lebih berpihak kepada pelaku-pelaku usaha mikro, bukan malah mendukung praktek oligopoli. Ini jelas yang diuntungkan para pengusaha besar. Sementara, triliunan dari keuntungan para pengusaha itu hanya dibagi ke 11 importir,” ungkap Ekonomi Senior Faisal Basri.

Baca Juga: Impor Beras Ditolak Keras Dewan Jatim

Komentar

Click to comment
To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/