Ekonomi Dan Bisnis

Pemerintah Menunda Impor Beras Saat Musim Panen

Bacasaja.net – Pemerintah akan segera menunda kegiatan impor beras, musim panen yang akan datang dalam waktu dekat menjadi tolak ukur rencana tersebut. Dalam hal ini, DPRD Jatim juga menghimbau agar pemerintah tidak terlebih dahulu melakukan impor beras.

Jika kegiatan tetap dilakukan, maka secara otomatis akan merugikan para petani di musim panen. Seandainya stok beras di Jatim kurang, maka seharusnya tak impor sekarang,” kata anggota Komisi B DPRD Jatim Subianto.

Politikus Partai Demokrat itu menegaskan, yang harus dipikirkan pemerintah saat ini bagaimana caranya gabah yang dimiliki petani diterima Bulog. ”Kalau musim penghujan ini, petani tak punya ladang jemur dan harganya mesti jatuh,” ujar Subianto.

Untuk menolong petani tersebut, sambung Subianto, pemerintah menunda terlebih dahulu keputusannya untuk mengimpor beras. Jika tak melakukan impor, pemerintah harusnya memberdayakan petani agar produksinya meningkat.

Menurut Subianto, Jatim sebagai salah satu lumbung pangan nasional bakal terpengaruh jika pemerintah tetap mengimpor beras. “Kami berharap kalau impor jangan dimasukkan ke Jatim karena kebutuhan beras sudah cukup dan swasembada pangan,” katanya.

Baca Juga: Kegiatan Impor Beras Ditolak Dewan Jatim

Pemerintah dalam waktu dekat akan mengimpor satu juta hingga 1,5 juta ton beras. Alasannya agar harga beras tetap stabil.  Langkah ini diambil terutama setelah ada program bantuan sosial (bansos) beras PPKM, antisipasi dampak banjir, dan pandemi Covid-19.

Komentar

Click to comment
To Top
f8bet 79king tf88 8xbet https://f8bet.bike/ https://f8bet.games/ https://videof8bet.com/